WELLCOME TO ULFAA'S BLOG

Jumat, 22 Juni 2012

Cerpen Anehku tentang dunia maya

Tertarik untuk membaca cerita ini?
Jika iya lanjutkan membaca sampai selesai karena membaca diawal saja gak akan dapat apa2. Insya Allah seru :D



Sekilas tentang perjalanan hidupku bisa sampai kenal dengan dunia internet ..


Saat berusia 12 tahun tepatnya pada saat aku duduk dibangku kelas 7 aku mendengar kata "facebook" . Saat itu aku yang gak punya satu temen dekat pun yg punya facebook maksain diri buat bikin akun facebook di sebuah warnet dekat sekolah.
Lalu aku bisa membuatnya tanpa dipandu atau diberi tahu bagaimana cara membuatnya.
Tapi sebelumnya aku sudah tau bahwa untuk membuat akun facebook harus membutuhkan email.
Hari demi hari aku semakin asyik dan semakin mengerti tentang facebook, tapi setelah 2 bulan aku memilikinya tiba2 akun ku terhack, entah disengaja oleh oknum tertentu atau bagaimana yang jelas saat itu aku gak bisa mengatasi masalah itu..


beberapa bulan kemudian aku bermain dengan sepupuku (Adam), dan ia memiliki akun facebook gadungan (plagiat) dengan memakai foto gadis cantik. Lantas aku heran untuk apa Adam memiliki akun yang memakai foto orang lain ? Bukankah itu tindakan yang tidak baik dengan memakai foto orang.
Sekilas percakapan aku dengan sepupuku yang ternyata awal dari masalahku :
Adam : "de lu punya fb ga?"
Aku    : "engga, fb gua diblokir org bang, lu punya fb yg ga kepake ga?"
Adam : " gua punya fb 3, ada yg satu *fb ayu, buat lu aja dah. nihh catet ya email sama pass nya
             xxxxx@yahoo.com passnya xxxxxx.
Aku    : "ohh...makasi ya bang, ok dah entar gua masukin foto terus namanya juga mau gua ganti deh"
Adam : "udah ada fotonya, temennya juga udah hampir 1000"
Aku    : "lohh ko bisa?lu pake foto cewe bwt apa?"
Adam :"bwt ngerjain org yg genit sama cewe aja"


Kemudian aku memainkan akun itu, karna sudah ke asyikan aku tidak sempat mengganti fotonya. Lama kelamaan timbul kecurigaan dari teman akun itu, foto gadis itu memang cantik, tetapi terasa ganjil jika relationship nya kosong..timbul kecurigaan masak iya gadis cantik ga punya pacar? setelah aku menceritakan semuanya dengan sahabatku, terpikirlah dibenak kami berdua untuk membuat akun facebook untuk dipasangkan dengan *fb ayu..
Siang itu sepulang sekolah aku bermain dirumah sahabatku Lia, sambil mengacak2 komputer Lia mencari foto cowok ganteng yg akan dipasangkan dengan *fb ayu..
setelah bertemu dengan foto yang pas dan akun pun telah selesai dibuat dipasangkanlah relationshipnya..


dua bulan kemudian Adam kembali,
dia log in *fb ayu dan mengacak-acak isinya (email dan pass sengaja tidak aku ganti karna aku masih merasa kalo *fb ayu itu bukan sepenuhnya miliku)
 bahkan Adam mengirim dinding bertuliskan kemarahan ke akun fb cowok yg aku buat bersama Lia, Adam pun update status :"lagi horny nihh..ada yg mau xxxxxxxx gua ga?"
Salah satu status diantaranya ada juga yg seperti ini :"semuanya jgn percaya sama kevin,dia itu homo" (kevin itu nama fb cowo yg aku buat bersama Lia yg dipasangkan dengan *fb ayu).
Pagi itu aku langsung marah, dan Adam pun secepat mungkin mengganti pass akun tersebut sehingga aku tidak bisa log in menggunakan *fb ayu lagi :(..


Tak ada *fb ayu menjadi tak seru lagi, aku pun membuat akun fb kembali dengan nama,foto, dll asli milik dan identitasku yang sesungguhnya..

Aku menggunakan akun ku yg sesungguhnya merasa tak nyaman.. sebab-sebanya ialah:
1. Tidak suka digodai oleh cowo genit yg suka kirim inbox, minta nomer hp, koment status dengan bahasa alay, bahkan ada cowo tak dikenal yg meminta relationship padaku dan memanggil aku layaknya pacarnya.
2. Teman kelas khusunya cowok yg suka baca statusku, lihat fotoku, dll kalau disekolah suka dibahas, makanya aku ga suka (malu abisnya).
3. Bosen temannya itu-itu saja.
4. Tidak ada yang unik seperti saat aku menggunakan akun kevin dan ayu.
5. Mantanku selalu usil mengintai akun ku.

Siang sepulang sekolah aku dan Lia kewarnet dekat rumah Lia karena Modem Lia sedang habis..
Lia melihat foto cowo yang amat ganteeeeeenggg.. Mirip siapa yaa? Imut pokoknya.
Dan bukan cuma mata Lia yang suka pada foto cowo itu, mata ku pun sama.. Iseng-iseng lah kami membuat satu akun lagi sekaligus membuat kesalahan untuk kedua kalinya.
Aku memakai akun Kevin, dan Lia memakai akun Samuel, kami berdua sering koment-koment memakai akun tersebut, sampai aku lupa dengan akun ku yg sesungguhnya..
Karena akun kevin itu lebih menarik, cewek-cewek pun banyak yang tertarik dan perhatian, setiap update status memunculkan 150+ like dan sedikitnya 50+ koments bahkan dalam sehari bisa di add 100+ orang. Cewek-cewek pun  tak ada yang alay, dan tak ada yang genit suka menggoda, makanya aku nyaman menggunakan akun kevin.

Sampai pada suatu hari aku chattingan dengan seoran remaja asal surabaya bernama Akmal. Aku heran mengapa Akmal sangat antusias dan perhatian bahkan dia meminta nomor telfonku saat chattingan dengan ku, padahal aku kan memakai akun cowok? sedangkan akmal juga kan cowok. Jangan-jangan akmal itu..???
lama kelamaan Akmal memberitahuku tentang temannya yang berpacaran dengan sesama cowok alias homo. Akupun kaget, dan ternyata remaja homo tersebut ganteng :) Fotonya seperti foto model, begitupun dengan pasangannya yg tak kalah manisnya.. Dan anehnya di wall nya dipenuhi kiriman dan semuanya kiriman dari cowok, aku lihat album fotonya di like 200+..
Pikirku masak iya cowok ganteng homo? apa mungkin hanya sensasi agar terkenal semata? Tapi kenapa harus dengan mencoreng nama baik sperti itu demi mendapatkan ketenaran? tapi mengapa orang homo itu sangat banyakk? benarkah mereka homo?
Hmmm aku tahuuuu, mungkin itu adalah foto palsu.. (kali)


Akupun penasaran, terlintas ide dipikiranku..
Aku menyuruh Lia mencantumkan relationship akun Samuel dengan Kevin.
Awalnya teman-teman di List ku aneh melihat status hubungan kami, tetapi aku menjawabnya itu hanya becanda iseng-iseng saja sebenarnya kami bukan homo..
Akupun mengirim inbox pada remaja homo itu, dia mengatakan bahwa ia sangat sayang pada pasangan homonya..
Kemudian aku pun sering wtw dengan remaja homo itu, saat itulah aku banyak di add oleh kaum homo :( hiiiiiii ngeriii.. karena mereka pikir aku pun homo karena direlationshipnya dengan samuel.


Ternyata wtw, berbagi cerita, berbagi jempol, berbagi koment, sangat menyenangkan. Aku dan para remaja homo sangat bertukar ilmu, bayangkan.. ditahun 2010 saja mereka sudah banyak yang memiliki BB, padahal dikelas ku baru ditahun 2011 yang punya BB,diantara mereka pun ada yang blogger profesional, bahkan sampai larut malam aku sibuk membalas inbox dari mereka yg katanya mereka memiliki Laptop, aku lihat foto mereka seperti foto model, foto model majalah, narsis, cerah-cerah pokoknya hampir semuanya memiliki camera bukan hanya camera handphone. Mereka pun editor photo yang kreativ, foto biasa bisa dirubah menjadi foto istimewa..
Dan masih banyak lagi ilmu dan trend terbaru yang mereka bagikan kepadaku.


Kembali ke dunia nyata..
Saat Aku membuka akunku yang sesungguhnya, aku heran membaca status teman-temanku, semuanya tak berubah, bahasanya masih 4l4y, masih saja ada yang meminta nomor hp ku pokonya serba AL4y..fotonya pun alay, masak foto monyet dijadikan PP..
Berbeda sekali dengan teman di friends list akun kevin yang teman-temannya stylish, gaul, ganteng-ganteng,pokonya serba menarik ya walaupun mereka belok..

Lama kelamaan akunku ketahuan memakai foto palsu..
Aku jadi termenung..
Aku berpikir siapa sebenarnya cowok yang ku jadikan fotoku saat ini? Kasihan jika dia tahu aku memakai fotonya, coba kalo fotoku yang dipakai orang lain? pasti sedih hatiku..
Akupun menyudahi semuanya, 
aku kembali memakai akunku yang sesungguhnya..
Kini aku memulai dunia baru, dimana aku menjadi Ulfa yang sesungguhnya, menjadi seorang wanita..
Demi keinginanku, aku meng-add  orang-orang homo yang berada pada friends list kevin..
Dan ada yang curhat kepadaku alasan mereka menjadi gay adalah karena mereka malu dengan cewek, mereka pernah sakit hati dengan cewek, mereka ingin yang baru dengan mencoba pacaran dengan cowok, dan ada juga yang dasarnya sudah suka sama sesama jenis sejak kecil.
Dengan sedikit cerita dan pencerahan dariku, aku berhasil sedikitnya meluruskan 3 orang homo menjadi normal walaupun belum 100% normal tetapi mereka setidaknya sudah menjauhi dunia homo dan kembali berpacaran dengan wanita..
Pernah ada yang menembakku, sayangnya kutolak dengan halus karna alasan aku tak mau berpacaran dengan mantan homo.. Aku tetap bersahabat dengannya sampai sekarang..
Tetapi soal remaja homo yang pertama akmal ceritakan itu aku tidak tahu, apakah dia memakai foto palsu atau bagaimana aku belum bisa mengungkapnya..

Dalam permasalahan ini aku tahu, aku salah sudah memakai identitas milik orang lain, tetapi akupun menyesal dengan perbuatan yang awalnya tidak kusengaja, tetapi dengan masalah ini BANYAK sekali manfaat dan pengalaman hidup, bagaimana caranya membantu orang yang butuh pertolongan mental, bagaimana caranya menghormati mereka dan bukan untuk dicaci bahkan dihina..
Pengalaman dalam memilih pasangan yang benar2 tidak berasal dari dunia homo,
ilmu yang kudapatkan tidak kalah berguna untuk masa depanku..
terimakasih Kevin..
Selama aku menjadi sosok pria remaja tampan dan cerdas sepertimu banyak hal yang bisa aku petik hikmahnya, banyak pelajaran yang aku dapatkan..

Sampai disini cerpen dunia maya ku.. Sebenarnya masih banyak cerita ku tentang keluargaku, latar belakangku, sekolahku yang ga kalah seru :D (haha kali)..

1 komentar: